Forum WCF Mengatasi Berita Palsu, Tantangan Media Sosial Baru

Forum WCF Mengatasi Berita Palsu, Tantangan Media Sosial Baru

Manajer komunikasi di seluruh dunia telah didesak untuk menganggap serius media sosial karena akan membantu memantau reputasi mereka. Hal ini disampaikan pada World Communication Forum (WCF) 2017 oleh International Communicator, Speaker and Development Expert, Mr Micheal Bociurkiw.

Menurutnya, reputasi adalah kuncinya. Kata-katanya: “CEO perusahaan yang menolak membelanjakan uang untuk media sosial/strategi media sosial/komunikasi krisis melakukannya atas risiko sendiri. Pemantauan diperlukan 24/7. Reputasi Anda atau perusahaan Anda adalah segalanya karena butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun merek tepercaya tetapi hanya beberapa menit/detik untuk meruntuhkannya. Jangan biarkan celah dalam komunikasi memungkinkan orang lain berbicara untuk Anda.

Tantangan berita palsu juga telah dimasukkan ke dalam pembakar komunikasi. Dia menegaskan kembali bahwa dalam lingkungan komunikasi saat ini, klien mengharapkan konsultan mereka menjadi pengambil keputusan.

Namun, media sosial kini membutuhkan keputusan cepat di tengah malam, sehingga mendorong praktisi komunikasi dan CEO untuk merangkul media sosial sebanyak mungkin. Menurutnya, “Informasi adalah makanan cepat saji, karena saat ini orang mengonsumsi informasi 87 persen lebih banyak dibandingkan tiga puluh tahun lalu.

“Dalam empat bulan terakhir, lingkungan komunikasi telah berubah total, sekarang komunikasi berayun di ujung diplomasi.”

Dia mengakui bahwa berita palsu berbahaya bagi demokrasi dan dapat dengan mudah menjadi ujaran kebencian dan bahwa perusahaan media besar baru seperti Facebook lamban memperkenalkan kebijakan/alat untuk melawannya. Hal ini ia soroti sebagai salah satu tantangan media sosial meskipun banyak manfaatnya dan berharap ada solusi untuk ini karena ia mempertahankan penggunaan media sosial di abad ke-21.

Dia menyarankan para praktisi komunikasi untuk memiliki hubungan kerja yang kuat dengan produser/wartawan karena ini akan membantu mengeluarkan cerita negatif dari media jika terjadi krisis.

“Media arus utama memainkan peran penting dalam menyampaikan kisah-kisah yang berdampak dari sebuah krisis dan memberikan konteks hubungan kerja yang kuat dengan produser/wartawan, salah satu elemen kunci dalam menyebarkan sebuah berita,” katanya.

Pada Forum Komunikasi Dunia 2017, tidak kurang dari sembilan belas penghargaan diraih para pemenangnya dari seluruh dunia. Penghargaan yang diadakan pada tanggal 14 Maret di Beau Rivage Hotel, di Jenewa, Swiss, mengakui komunikator individu dan organisasi yang sangat profesional dan luar biasa secara global dengan pendekatan kreatif dan visi unik tentang masa depan industri komunikasi di seluruh dunia.

Diluncurkan pada tahun 2011, Communications for Future Awards memiliki 23 kategori nominasi untuk penghargaan di bawah tiga bagian, yaitu Personal, Corporate dan Startups. Nominasi untuk penghargaan biasanya diterima dari tiga puluh negara di lima benua.

Beberapa penghargaan yang diberikan pada forum 2017 yang baru saja selesai yang merupakan edisi ke-7/ adalah Penghargaan Grand Davos, Titan Masa Depan, Hubungan Masa Depan, Penginjil Masa Depan, Pemimpin Masa Depan, Bakat Masa Depan, Idea Masa Depan, Teknologi Masa Depan, Pendidikan Masa Depan, Reputasi Masa Depan, semuanya dan dimenangkan oleh orang dan organisasi yang berbeda di seluruh benua.

unitogel